Anda memasuki Zona Integritas - Wilayah Bebas Korupsi

Kejaksaan Negeri Kota Tangerang Berziarah ke Taman Makam Pahlawan Taruna

0

Tangerang: Jajaran Kejaksaan Negeri Kota Tangerang berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Tangerang. Ziarah makan dan tabur bunga ini menjadi bagian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60.

Tabur bunga ini bertujuan untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah gugur. Upacara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HBA yang jatuh pada rabu, 22 Juli 2020.

Upacara ziarah dan tabur bunga dipimpin langsung Kajari Kota Tangerang Bpk. I Dewa Gede Wirajana pada Selasa, 21 Juli 2020. Makam pertama yang ia datangi ialah makam mendiang Daan Mogot.

Mayor Daan Mogot adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia dan mantan anggota (dan pelatih) PETA di Bali dan Jakarta pada tahun 1942-1945. Setelah Perang Dunia ke-2 selesai, ia menjadi Komandan TKR di Jakarta dengan pangkat Mayor. Bulan November 1945 mendirikan sekaligus menjadi Direktur Pertama Akademi Militer Tangerang (MAT) dalam usia 17 tahun. Ia gugur di Hutan Lengkong, di selatan Kota Tangerang, bersama 36 orang lainnya dalam pertempuran melawan tentara Jepang saat hendak melucuti senjata mereka di Hutan Lengkong di Tangerang.

Nama Daan Mogot diabadikan sebagai nama jalan yang menghubungkan Grogol dan Cengkareng di Jakarta Barat dengan kota Tangerang. Sementara, di tempat pertempuran Lengkong tersebut, dibangun monumen peringatan.

“Mari kita berdoa untuk almarhum,” ucap Wirajana memimpin doa. Setelah berdoa, beliau menabur bunga tepat di atas makam Daan Mogot.

“Sebagai penerus kita harus melanjutkan apa yang sudah beliau perjuangkan. Kita harus mewujudkan cita-cita bangsa,” pungkas Wirajana.

Share.

Leave A Reply